MOTOR BENSIN

Motor Bensin

Motor Bensin
Dalam kehidupan sehari -hari, sering kita dengar istilah motor bensin. Mungkin kalian bertanya, apakah motor bensin itu ? Motor bensin kebanyakan dipakai sebagai kendaraan bermotor yang berdaya kecil seperti mobil, sepeda motor , dan juga untuk motor pesawat terbang. Motor bensin merupakan pengembangan dari motor Otto. Bahan bakarnya bensin, yaitu suatu cairan bahan bakar yang mudah menguap pada temperatur normal. Bahan bakar ini dicampur dengan udara selama langkah pengisian berlangsung. Alat pencampur itu dinamakan karburator.

Campuran tersebut diisap ke dalam silinder selama langkah pengisian. Untuk itu di dalam silinder terdapat piston yang dapat bergerak lurus bolak balik. Torak mengkompresi campuran bahan bakar udara tadi sampai mencapai temperatur tinggi. Pada akhir kompresi, campuran tersebut dinyalakan dengan letikan api listrik yang terlontar antara elektroda suatu busi. Seketika itu, terjadilah pembakaran campuran tadi yang menyebabkan tekanan seketika naik dan mendesak ke semua arah. Gas hasil pembakaran yang telah memiliki tekanan tinggi itu mampu mendorong torak ke arah poros engkolnya. Torak yang bergerak bolak balik di dalam silinder itu dapat memutar poros engkol dengan perantaraan batang penggerak yang menghubungkan kedua bagian tersebut.

Pada salah satu ujung poros engkol dipasang sebuah roda gila atau flywheel yang bertugas menyimpan tenaga  yang diperlukan untuk meneruskan dan meratakan putaran ketika mesin tidak menghasilkan usaha mekanis pada torak. Agar putaran motor tetap berlangsung, dibentuklah deretan proses yang selalu berulang kembali mengikuti jejak - jejak yang sama seperti semula. Untuk itu diperlukan peralatan yang dapat bekerja dengan tepat, yaitu sistem pengapian yang terdiri atas ;

  • platina
  • kondensor
  • koil 
  • busi
  • karburator untuk mencampur udara dan bahan bakar

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Popular Posts