Prinsip Kerja Motor 2 Tak

Prinsip Kerja Motor 2 Tak
Prinsip kerja motor 2 tak ialah menyelesaikan kelima proses (proses pengisian, proses kompresi, proses penyalaan, proses penyalaan, proses ekspansi, proses pembuangan) dalam dua langkah torak atau satu putaran poros engkol.

Gerakan torak ke TMA adalah untuk mengadakan kompresi dan gerakan torak ke TMB adalah untuk mengadakan ekspansi. Pengisian muatan segar dan pembuangan gas hasil pembakaran terjadi hampir bersamaan , yaitu ketika torak berada di sekitar TMB.

Pengisian muatac segar ke dalam silinder dilaksanakan ketika tekanan muatan itu melebihi tekanan gas di dalam silinder. Pada keadaan tersebut saluran pengisi ada dalam keadaan terbuka. Untuk itu , muatan segar itu harus memiliki tekanan yang lebih tinggi dari tekanan atmosfir. Untuk lebih jelasnya perhatikan rangkaian proses pembentukan siklus pada motor dua langkah berikut ini :

  1. Langkah pertama merupakan langkah usaha (eskpansi), yang ada saat ini torak mencapai TMA dan terjadi pembakaran bahan bakar, sehingga suhu dan tekanan menjadi tinggi. Tekanan yang tinggi ini mendorong torak menuju TMB. Gerakan ini diubah oleh poros engkol menjadi gerak putar.
  2. Langkah kedua merupakan langkah kompresi, yang pada saat ini torak kembali menuju TMA.

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Popular Posts